GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Risiko dan Penanganannya

Perusahaan melakukan kegiatan analisis secara sistematis terhadap potensi kerugian yang mungkin dihadapi perusahaan akibat suatu risiko serta menemukan metode yang paling tepat untuk menangani potensi tersebut. Perusahaan melakukan identifikasi risiko melalui kuisioner analisis risiko, analisis statistik dan laporan keuangan, peta aliran operasional, serta pengamatan langsung. Hasil identifikasi tersebut kemudian dipetakan jenisnya dan diukur tingkat limit risikonya. Selanjutnya, Perusahaan melaksanakan langkah-langkah pengendalian, pemantauan, komunikasi dan pelaporan; dengan berpedoman pada kebijakan dan prosedur manajemen risiko Perusahaan.

Kami memastikan efektivitas pengelolaan risiko melalui penerapan sistem checks and balances yang tepat, sehingga tidak memengaruhi fleksibilitas dan operasi bisnis. Hasil identifikasi risiko tersebut digunakan untuk mencegah dan menghadapi kemungkinan tantangan yang terjadi, baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Kami juga mendorong dan memberikan pelatihan kepada karyawan agar mampu mengenali dan mengantisipasi risiko eksternal maupun internal dengan melaksanakan langkah-langkah mitigasi yang tepat. Kami percaya, pelaksanaan manajemen risiko yang efektif dapat meningkatkan kinerja bisnis yang positif, menjaga keberlanjutan operasional Perusahaan, mewujudkan tujuan bisnis, serta menjaga kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

Risiko Ekonomi

Kami juga meninjau proses perencanaan dan manajemen (termasuk pemantauan berkala terhadap anggaran dan pengeluaran) untuk merespons dinamika ekonomi yang terjadi. Kami meneruskan pengembangan integrasi gerai offline secara online, sehingga kami dapat melayani permintaan secara digital/online. Kami terus mengembangkan MAPCLUB dengan menyediakan berbagai promo untuk menarik minat pelanggan.

Risiko Politik & Sosial

  • Perusahaan menentukan kebijakan asuransi dan proses manajemen krisis yang melibatkan Presiden Direktur dan tim manajemen senior agar Perusahaan siap bila menghadapi situasi darurat dan/atau bahaya.
  • Perusahaan melakukan perlindungan terhadap risiko operasional terkait keselamatan dan kesehatan karyawan maupun pelanggan.
  • Perusahaan melindungi bisnisnya dari potensi gangguan dengan asuransi tanggung gugat dari pihak ketiga.
  • Perusahaan mengasuransikan bisnisnya hingga batas tertentu dari potensi dampak yang mungkin timbul dari gangguan terhadap bisnisnya.

Risiko Persaingan

Perusahaan senantiasa menonjolkan keunggulan komparatif sebagai pembeda dari perusahaan ritel lain melalui pelaksanaan strategi multitier yang unik. Selain itu, Perusahaan juga menerapkan kombinasi strategi harga, produk yang beragam, kenyamanan, layanan pelanggan, serta upaya pemasaran yang cermat untuk mendukung peningkatan nilai Perusahaan. Kami juga berupaya mempertahankan loyalitas pelanggan dengan mendorong inovasi dalam strategi pemasaran dan layanan yang dapat menghadirkan pengalaman berbelanja yang luar biasa untuk para pelanggan.

Risiko Regulasi

Perusahaan senantiasa melakukan analisis pasar yang tepat dan rencana investasi yang komprehensif. Kami mengedepankan prinsip kehati-hatian untuk mengakuisisi merek baru serta berinvestasi di pusat perbelanjaan baru atau pada wilayah baru dalam pelaksanaan rencana investasi.

Risiko Bisnis Baru

Perusahaan senantiasa melakukan analisis pasar yang tepat dan rencana investasi yang komprehensif. Kami mengedepankan prinsip kehati-hatian untuk mengakuisisi merek baru serta berinvestasi di pusat perbelanjaan baru atau pada wilayah baru dalam pelaksanaan rencana investasi.

Risiko Keuangan

Perusahaan melaksanakan kebijakan, pedoman, dan prosedur pengendalian risiko terkait kinerja keuangan yang telah ditetapkan.

Risiko Hubungan Kemitraan

Perusahaan menjaga hubungan baik dengan prinsipal serta menerapkan strategi kemitraan yang jelas. Perusahaan terus memperkuat pasar dan popularitas setiap mereknya melalui strategi pemasaran yang unik dan terintegrasi.

Risiko Bencana Alam & Wabah Penyakit

Perusahaan memiliki rencana manajemen krisis untuk meminimalkan dampak risiko terhadap operasional dan keuangan. Kami menyiapkan perlindungan asuransi sebagai mitigasi kerusakan atas aset atau fasilitas Perusahaan tersebut. Selain itu, kami memiliki personel yang siap siaga dan berpengalaman untuk merespons situasi krisis secara real time.

Risiko Keamanan Data

Perusahaan membangun infrastruktur TI, meliputi jaringan, server, serta infrastruktur penyimpanan data yang komprehensif. Kami menjaga keamanan penyimpanan data dengan mengimplementasikan sertifikasi tier-3 dan ISO 27001 di lokasi pusat data. Di samping itu, sebagai Disaster Recovery Center, Perusahaan pun menempatkan penyimpanan data di pusat data sekunder. Kami melakukan evaluasi secara berkala terhadap sistem TI untuk mengidentifikasi potensi gangguan dan ancaman keamanan. Perusahaan akan menyelidiki setiap insiden terkait keamanan TI untuk menemukan akar penyebabnya. Hasil analisis tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk mencegah terulangnya insiden yang sama. Perusahaan juga telah memiliki kebijakan privasi yang diberlakukan di setiap unit bisnis yang memperoleh dan mengelola informasi pribadi pelanggan dengan berpedoman pada peraturan pemerintah tentang perlindungan data pribadi.